If you can’t stop thinking about it…

Don’t stop working for it…

Kalau kata google sih, kata katanya Michael Jordan. Mungkin kurang pantas nulis di sini, tapi blog memang buat saya mengingat apa rencana, pengalaman bahkan pembelajaran buat saya. Besides, writing keeps my sanity.

Ya sejujurnya sih, saya suka kepikiran hutang saya sama almh Ibu saya.

Saya pun suka becanda mau kuliah di Negara Scandinavia tapi bahasa pengantar bahasa Inggris. Komen-komen saya sama Ashar, teman saya yang awal 2000’an kuliah di Perancis kayak gini.

Minggu lalu, teman saya – ID-, lagi menunggu hasi Post Graduate studynya. Tahun lalu Master dia selesai, blio ke Amrik, btw.

Terus bicara kuliah, terus komen gini di grup:

img_1045

saya sampai nulis di twitter, hitung umur anak-anak dan umur saya, kayaknya saya baru lega bisa leluasa punya pengeluaran besar di mid 40. That year, both my kids will be in college. Will it be too late or will I be too old?

Sampai Imel bilang teman blio ada yang S1 di usia 60’an. :)) Hebat semangat belajarnya.

Akhirnya saya iseng browsing2x sampai saya buat spreadsheetnya.

Isinya

Nama Universitas

Program Study

Durasi study

Biaya study

Link Univ tersebut

Requirement (TOEFL, GMAT/GRE)

Ini dari program study yang mendekati background saya. Kebetulan di satu negara.

untuk negara lain, saya bikin tab page lagi. Ingat! Kalau ngayal harus detail!

img_0977-1

GMAT nya paling kecil 550! Duhhhh hahahahah. Udah mau nyerah saja rasanya. Belum mikirin Tuition Fee.

Oh ya, saya baru tahu juga, di Austria, Master program relatif affordable buat program study yang mendekati background saya. Sekitar Euro 400/semester dan total 4 semester. Ada satu program study yang saya incer di negara itu (yang bahasa pengantarnya bahasa Inggris).

Requirement mereka juga lebih tinggi, tentunya. Yet considering, I have time, harusnya punya persiapan lebih matang.

Living cost bisa hampir mirip dengan living cost saya sekarang, paling mahal biaya sewa rumah. Dan ini diaminin Doni, sahabat SMA saya yang phD di Itali dan Inggris.

Hmm….we’ll see! Terima Kasih teman-teman twitter yang sudah menanggapi draft novel kehidupan saya! Hahahaha!

The Thought

It has been the third time for less than one year, i dreamt about you. Knowing you for just a year, but it changed many point of view. And still continue, even you’re not there anymore.

The “susah move on” is a true phrase after all.

a note to my friend

ex-collega saya, Ito-kun, akhir tahun lalu kembali ke tanah air. Blio sudah menyelesaikan MBA-nya di Boston, sempat kerja di kota tersibuk di Asia, namun  tidak betah. Ketika masa suntuk datang, memutuskan berhenti,blio malah dapat kerjaan baru, di kota bahkan negara yang berbeda, kali ini tidak terlalu jauh dari tanah air.

Kayaknya, saya sering banget ceritain di blog ini on which, old enough to be my son. :)) 

Yep, itu bercandaan kami karena usia kami terpaut jauh…. pakai banget. Tapi seru aja ngobrol ama Ito. Biar masih muda, pengalaman hidupnya menurut saya banyak. Pernah Tinggal di dusun sebelah timur Indonesia, sebuah kampung di negara tempat neneknya lahir, beberapa kota besar dunia pun pernah. Belum lokasi jalan-jalannya! sama menariknya! Dari keluarga sangat berkecukupan namun pekerja keras. 

well, anyway…kedatangan blio bulan lalu, cukup membuat saya kaget with WOW effect.

Ternyata, cita cita lama blio adalah membuka perpustakaan di seluruh Indonesia! his pioner libabry in his mother’s house. Untuk mendukung noble-act nya itu, blio butuh donor buku! Jadilah kami bertemu sebentar di gedung kantor,  having conversation with “life-lately” topic 😉  two person with QLC and MLC,  and of course I donate the children books I have, yang umur buku itu…hampir sama dengan umur Ito! :))


he’s the man with cap, btw! And my female single readers, he’s single btw. I dont know whether taken or not, but you can follow him on his IG @chrisel181 to support his noble act. 🙂 …and probably go ask yourself! he lives near by now. 

anyway, waktu blio masih sekolah di belahan dunia sebalah sana, blio menulis ini ketika saya ulang tahun…


hmm….buat yang tadi malam whatsappan sama saya sampai hari mau berpindah, well yeah…the last sentence of his words struck me the most…..in some way 😀

and dear Ito-kun, I know you read my blog every now and then! Happy Birthday little brother! all the best! 

Talking about the index (again)

Well yeah, me and my senseless writings.

kemaren ikut training tentang Investment Banking, trainer-nya (I don’t where  comes from, but now resides in Singapore and had been in the business in Toronto, Moscow and some USA major  cities) . Eh, kalimatnya belum selesai. Salah satu slidenya menampilkan world map based on Sorveign Credit Due Diligence. Buat yang tidak familiar, definisi Sorveign Credit Rating bisa dibaca di sini.

Niwey...I couldn’t get the same exact map as Mr. Dimitry (the name of the trainer) showed us in class yesterday, but more likely like this. Setidaknya, apa yang mau saya sampaikan ada di map ini.

 

Sovereign Risk Index Third Quarter 2015

So, as a revised from previous statement in this post, with all do the respect, I’d like to make apologize to the government of Chile.

Ya kali deh …staff-nya Seniorita President ada yang baca blog anak TangSel ini!

-____-  #lebay.

Tulisan saya di post itu bilang, gaya pemerintahan Chili beda-beda tipis sama negeri kita,  ternyata berdasarkan mapping di atas, pendapat saya salah.  Sehingga tampak wajar,  its capital city gets better ranking than ours. Kesimpulan yang terlalu tergesa-gesa sih, I know. But my blog is opinion, somehow. It usually non sense after all 😀 ? So I laughed at people who used blog as their official work. Ada lho, orang yang ngotot beropini tentang suatu kasus di pekerjaannya dan menjadikan blog  sebagai reference (resmi).

And owh, here I got from Kompas few days ago. Vitri sent this to our whatsapp group. Hmph, bener kan gw kemaren waktu di Wien ngarep ada mukzijat bisa dipindahin ke kota ini . Number 140 is beyond sad though. We should be grateful for what we have now. 

img_5068

 

Why I bother to write unstructured topic about this? Last year, my friend Liza send me this article.  Waktu gw terserang midlife crisis 😉 I’m exaggerating, I know. “Chose your struggle wisely” sentences struck me the most.  Few weeks later, I saw this picture

bird

 

it’s 10:50 pm TangSel time. Bonne Nuit!

eits, a little thing that made me happy.

gw ngerti tulisan ini! ihiyyyy