Buku yang kubaca

Okeh, saya mau update postingan ini 😉

So far, masih on track donk donk donk

Buku Kedua yang saya baca tahun ini “A gentleman in Moscow” dari Amor Towles. Jujurnya, ini bukunya Towles yang saya baca pertama kali, tertarik beli ini juga karena setinggannya yang di Moscow, pembatas buku yang saya pakai tiket terusan Metro 😀

Ceritanya tengang Count Rostov yang jadi tahanan rumah (di buku ditahan di Hotel Metropol) sebrang Teater Bolshoi yang terkenal itu. Beliau ditahan akibat puisinya yang menyinggung Broshelvik. Bahasa Inggrisnya agak sulit, banyak vocab baru. Jadi saya baca buku ditemanin thesaurus. Cuma bagus banget deh, cerita sejarah, science, matematika, percakapan beliau dengan staff hotel lain, saya sampai lupa cerita ini took place in a hotel, and hotel only.  Tapi nih, saking sulitnya bahasa,  saya lieur , masih teka teki buat saya perempuan yang dia temuin di akhir buku.

Nah, buku sebelah kanan, keroyokan cerita waktu sekolah di Perancis. Salah satu yang nulis, teman saya Ashar yang sekarang tinggal di Melbourne.  Buat bacaan ringan nunggu bus TJ, boleh lah… dua buku yang saya baca sebelumnya berat-berat.

Sampe lecek bukunya

The Remains of the Day by Kazuo Ishiguro.

Waktu saya beli buku ini, akhir tahun 2017 buat menemanin perjalanan ke Kansai. Bah! CGK – Pudong – Osaka – kyoto – osaka – pudong balik Tangsel lagi gak beranjak dari halaman 10. Akhirnya saya baca dari awal lagi. Anaknya harus ditantang dulu. Ceritanya awalnya tahun 50’s waktu Steven- seorang buttler mau melakukan trip. Isi buku sih, cerita kehidupan dia jadi Buttler di Darlington Hall selama 3 dekade. Waktu Darlington Hall lagi ada acara, lagi sibuk-sibuknya, bapak si Steven sedang menunggu maut. Wah, saya nangis bagian situ. Dia ngga bisa nungguin bapaknya karena harus kerja.

Bagian sedih lainnya, waktu dia harus memecat dua petugas rumah yang Yahudi disuruh boss-nya. Jadi saat itu, Nazi lagi bunuh2xin orang Yahudi (bet you guys know the brief history). Duh, serba salah. Padahal dua asisten tersebut kerjanya bagus, just because they were Jews.

Why do I chose this?

Ngga tau kenapa, buku pilihan saya settingannya di tahun yang mirip-mirip. Hahahaha!

Cerita dua asisten Steven, semacam diaminkan di buku kelima yang saya baca, The Boy Who Followed his Father into Auschwitz. Per hari ini baru 1/3 buku terbaca. Buku ini cerita keluarga Yahudi yang sudah tahunan di Austria, lalu tercerai berai lah pas pendudukan Nazi di Austria. Edith, harus melepaskan semua cita citanya karena dia seorang Yahudi. Padahal lahir dan besar di Wina. Saya sengaja lho ngga baca The Boy in Stripped Pajamas, mewek pasti! Cerita ini kayaknya bakal mirip mirip deh. 

Wih, kalau saya balik ke Wina lagi, harus mampir Linz deh. Camp-nya jadi tempat wisata sekarang. Dulu cuma liat Linz Hauptbahnfof dari kereta aja.

 

Saya ubek-ubek lagi lemari. Ternyata masih banyak buku yang belum kebaca ih!

Target saya, buku paling bawah bisa saya baca (dan ngerti) at least akhir tahun! Hahahahahahhaha! Is it too Much to ask? 

6 thoughts on “Buku yang kubaca

  1. Paling bawah bisalah selesai Mba Kiky 😊 aku ada 3 buku yg sampe skrg nyangkut wkwk, salah satunya udh tinggal sedikit lagi selesai, tp entah kenapa anti klimaks dan males nyelesaiin.

    Besok April mudik rencana mau nambahin koleksi Novel Indonesia, semoga target tahun ini tercapai 😊

    • Hahahha kemampuan bahasa Jerman ngga naik dari A1
      Aku pengen baca silent patient itu sesusai rekomendasimu.
      Kalo pulang beli Ganjil Genap, penulis baru lumayan asik tulisannya

  2. Semangat Mbak! Kebalikan kita. Setelah baca 50 buku tahun lalu, tahun ini rasa2 pengen leyeh2 saja haha. Sampai Februari aku belum baca apa2. Nanti Maret mau mulai baca2 stok buku2 yg belum tersentuh.

    • Yes, take your time. Kemaren kebanyakan main main. Hahahaah ini socmed sampe gw deactive / uninstall biar ngga dikit dikit nge cek post orang orang. Gak guna juga
      Padahal hahahah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s