(Rusia Trip) Leningrad

Leningrad adalah nama kota ini sebelum dia berubah menjadi St Petesburg pada tahun 1991.

Ada yang nonton serial The Last Czar  ini di Netflix? Sayangnya, serial ini hadir setelah saya mengunjungi kota cantik di tepi  Laut Baltik ini.

Sebelumnya saya lari pagi, jelas… dan ada kejadian lucu. Ada dua orang lokal suami istri menegur saya dan suaminya minta foto bareng dan mencium punggung tangan saya, macam lagi lebaran aja! :D. Nama istrinya Astrid, mereka baru pulang dari Bali, hence they recognized I come from Indonesia! hahhah

Anyway, hari Sabtu 22 Juni, saya mengunjungi dua tempat turis terkenal lainnya.

IMG_5894

Church on Spllied Blood

Karena musim panas, ya jangan tanya pengunjungnya. Ramai bettt pastinya.

Terpaksa liburan high season, ikutin jadwal libur anak-anak yhaa. Harga-harga dipastikan tinggi, tapi berdoa saja, mampu bayarnya. hahahahhaha

Nah, untuk gereja ini untungnya ada Audio Guide yang bisa disewa. Seharga Rubbel 200 atau Rubbel 500 saya lupa. Saya sewa dua, untuk saya dan si kakak. Jadi si kakak cerita ke kakeknya, saya habis dengar cerita ke adiknya. hahahhah biar irit.

Yang namanya gereja di Rusia ini (mungkin di negara Eropa lain) memang indah sekali ya. Saya terkagum kagum dengan lukisan di seluruh dindingnya sampai ke atap. Menurut audio guide, dibutuhkan 20 tahun untuk menyelesaikan semua gambar. Dann….ternyata bukan dilukis lho! Ini mozaik! dari ribuan batu batu!

IMG_5899

Mozaik inside the church! 

 

Sama seperti Mesjid St Petesburg, gereja ini pernah menjadi gudang logistik ketika perang dunia kedua. Jadi jangan senewen ya 😉  In fact, seluruh tempat peribadahan memang dijadikan warehouse atau ward untuk menunjang perang.

Kami sempat main-main di taman sebelah gereja ini. Duduk menikmati angin semilir, ditemani pohon rindang, udara bersih, hal yang mustahil di Jakarta.

Lalu naik bus kami ke HERMITAGE the WINTER PALACE. 

IMG_5931

Winter Palace

Nah, kalau nonton serial ini, banyak sekali screen-screen yang diambil  menyerupai  Museum paling besar sedunia ini.  Konon film serial itu syutingnya di Amerika, bukan di negara asal.

Di sini saya kesal banget, karena kebeli tiket dua kali! Saya tidak baca pentunjuk, keburu keluar di museum kecil lain (semacam Museum Nasionalnya). duh! Masalahnya masuk museum di Rusia ini lumayan mahal. Saudara saya malah waktu ke kota ini tidak masuk museum, cuma foto foto di depan saja. Kalau saya, merasa sayang ya…cerita indahnya adanya di museum ya, walau bisa baca di Wikipedia juga sih, tapi bedalah kalau liat sendiri.

Saya menyewa audio guide lagi. Kalau di sini lumayan mahal, Rubel 2000 sekalian uang jaminan (takut hilang kali ya) tapi dikembalikan uang jaminan.

IMG_5957

IMG_5944

Dan…yaaaa memang indah sekali interior istana musim dingin ini. Semua yang dipakai Tsar (raja-raja Rusia) dipajang. Belum kamar-kamarnya menghadap Sungai Neva. Cantik deh, pakai banget!

Dan sebagian ruangannnya dipakai juga sebagai ward jaman perang! whoaa!

Karena besar sekali, kami makan siang di sini. Isi perutlah, lapar banget! ada di lantai bawah. Kelar makan siang, udah lelah. Akhirnya pulang. Jadi kalau mau semua ruangan dikelilingin harus dari pagi benar!

ZfgO3sf8Q3ixQUc30x+TaA

Hari berlanjut, karena saya dan si kakak nonton Ballet di Mariinsky II . Pertunjukkan Anna Karenina. Hebad ih orang Rusia, tidak ada yang sok iye IG story! Semua menikmati pertunjukkannya.

IMG_5976

Paling atas – Kelas paling murah artinya hahahahah

  And of course, a good thing about Summer, long day, sun set later! The show finished at 10 pm, we took bus back to apartement and still had time to stroll around Nevy Prospekt!

IMG_5984

Kazan Kathedral taken from Bus at 10 pm

Lucu juga sepulang dari sini ada teman tanya, aman tidak malam-malam di kotanya? yahh…mana tau ya…terang benderang soalnya selama di sini hahahhahah! Bangun jam 3 pagi saja sudah terang!

6 thoughts on “(Rusia Trip) Leningrad

  1. Wow keren👍😀 Beruntungnya kamu sudah pernah ke Rusia.. Apalagi ke St. Petersburg.. Dulu suami nyaris dapat kerja di Rusia (tapi jadinya ke Kolombia).. Seandainya dulu jadi, tinggalnya bakal di St. Petersburg ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s