Der Kleine Riese

IMG_4457

read : the little giant. Buku ketiga  dalam bahasa Jerman yang saya coba baca :D. Unduh Gratisan! Tapi legal kok ๐Ÿ˜‰

Saya lupa deh sudah cerita atau belum, tahun lalu saya ambil sertifikasi Certified Financial Planner dan  ikut ujiannya (dan awal tahun ini lulus). Yah, ide awalnya memang memang pingin switch karir 3-5 tahun ke depan. Macam the famous Ligwina atau Aidil Akbar gitulah. Saya tertarik sekali sama bidang ini. Suka gemes kalau teman (menurut saya) investasi-in uangnya di tempat yang kurang tepat. Hanya karena mereka malas mencari tahu. Lalu coba daftar firma Independent Financial Planner dan  harus buat presentasi kalau mau magang. Sayangnya, karena sibuk mau  persiapan test weekend ini, belum sempat.

Skip dulu cerita si FP ini.

Kemarin sempat di timeline saya, arikel yang meliput betapa gayanya mbak-mbak pejuang devisa asal Indonesia, a.k.a TKW di negara tempat mereka bekerja. Waktu berlibur yang diberi majikan dijadikan ajang tampil dengan baju terbaik mereka. Yah, kita sudah banyak bacalah kisah kelam maupun sukses-nya para TKW ini. Salah satu pengasuh #kiddo1 juga ada yang mantan  TKW. Umurnya 15 tahun saat berangkat (memalsukan ID, harusnya minimal 18 tahun). Saya bergidik membayangkan anak sekecil itu sudah terbang ribuan km untuk merubah nasib keluarganya. Sendirian! Tekadnya kuat!

Lalu saya berpikir, mbak-mbak TKW itu ada yang ngasih tau ngga ya, gimana mengelola uangnya? Supaya ngga tiba-tiba habis. Pasti banyak sekali tujuan mereka, membantu keluarga sampai sekolah lagi. Rasanya, if I ever be a Financial Planner, helping them will be my “sikiky gives back” deh. 

Then cross my mind again, those people I saw, di tulisan yang ini, mungkin ada yang berpikiran/atau telah menjadi TKW. Jenuh dengan lingkaran yang itu-itu saja. Tujuan sama untuk  merubah hidup. Sebagian mungkin ke kota besar  mencoba peruntungan jadi tenaga kasar yang ada modal dan nyali lebih mungkin berpikiran ke SG, SA or HK.

For me, they are the little giant.At least their guts are giant!  Mereka berani mengambil resiko menjadi orang yang beda sendiri, menepis khawatir dan takut atas resiko yang mungkin sudah diprediksi. Sendirian! Jauh dari keluarga jauh dari kerabat! Modal, keringat dan air mata taruhannya. 

๐Ÿ™‚

Being melancholic thinker who thinks too much I am, I am asking my self this question. Kalau saya jadi mereka, beranikah saya?

 

*Judul/foto/sama tulisan ngga nyambung*

 

7 thoughts on “Der Kleine Riese

  1. Dalam realitas nya masih banyak masyarakat indonesia yg tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, kemana harus di diinvestasikan dan betapa pentingnya asuransi.. bahkan orang yang sudah berpendidikan pun juga banyak yg belum paham

Leave a Reply

