the two, three pedals story

real men use three pedals-600x600

pic taken from here

gw belajar nyetir mobil pas naik kelas 3 SMP. Nope, gw ngga nyuri-nyuri, ada papa di samping. Biarpun mereka (orang tua gw) bilang ngga ada ‘nembak-nembak’ SIM, they still wanted me to operate car earlier. Setidaknya buat bantuin mindahin parkir mobil atau masukin ke garasi kayaknya. 😀 We still lived in Puri Indah at that time, dimana perumahan di JakBar ini belum ada mall-nya saat itu, Kebayang donk…masih sepi. jadi latihannya di tempat yang sepi memang. mostly masih  di blok yang rumah-rumahnya baru dibangun dan masih banyak lahan kosong. Latihannya pas malam.

real-man-use-three-pedals

lucu nih gambarnya

Anyway…pelajaran mengendarai mobil selesai ketika gw….NABRAK MOBIL! padahal gw ngga ngebut, tapi panik sekonyong di daerah sepi itu ada mobil lewat (dan mereka ngga ngebut juga padahal). Mungkin malam itu pas lagi liat kondisi rumah mereka. instead nginjek rem, gw injak gas! Wassalam…ortu sih ngga marah, ada bokap gw di samping kok =)). All of us learn our lesson, biar tinggi udah cukup, otak sama mental tetep aja anak-anak. So I’ve to waited (and also my younger sibblings) to wait until it’s proper time. Camkan ya…. orang tua yang ngasih ijin anak SMP kelas 1 bawa motor ke sekolah…(eh, tapi mereka– most likely kaum marjinal—  ngga bakal baca blog gw juga sih).

Fast forward, same akhirnya gw menurut NEGARA boleh dapat SIM, tapi tetep dari ORANG TUA, pakai mobil susaaaaaaahhhh banget keluar ijinnya. Dari alm mama sih tepatnya =)). Kalo mau ijin dapat mobil gw musti “cari muka” dulu deh. sholat awal waktu, ngaji dikerasin pake toa suaranya, lap-lap mobil, ngga keluyuran, en des bre lainnya demi mencitrakan Anak Gadih yang Elok Laku, Dukipret banget!

Pun sampe gw kuliah dan awal-awal kerja, masih susaaaahhh banget kalo minjem mobil. hahahahahah. Tetep gw kemana mana naik Kopaja P16 atau angkot! =)).  Dulu gw pengen banget kumpulin duit buat beli mobil sendiri biar ngga usah repot-repot jalan jauh nunggu bus lama dengan segala penderitaan naik bus macam kopaja itu.  Sampai detik ini kondisi public transportation kita masih mengenaskan macam nasib PSSI yang kena sanksi FIFA.

Fast forward (banget)…sampe akhirnya gw punya mobil sendiri, dimana gw harus nganter Kiddo#1 yang saat itu masih suka latihan dan mentas nari kemana-mana. One of the orang tua yang kemana-mana harus pakai kendaraan umum komen “loe sih enak, ngga pernah injak bumi”. Ish, gw langsung nyolot! bahahah…gw lagi sumbunya pendek. waktu itu bikin postingan sih, tentang gimana pengen punya mobil sendiri (serupa ama cerita di atas lah), namun sampe detik ini — untuk aktivitas rutin dan setiap hari turn out GW NGGA PERNAH NYETIR MOBIL SENDIRI ke kantor.

Gw ubek-ubek arsip lama, ternyata gw nulisnya di Multiply. Jiah…udah isdet.

Eh Ada sih…selama belasan tahun kerja, paling 20x nyetir mobil sendiri ke kantor =)).

Yep, setelah gw sanggup beli mobil sendiri, gw ngga menemukan kenikmatan nyetir mobil ini. Tetep gw naik bus (waktu masih tinggal di Jakarta) maupun Kereta Api (waktu udah pindah ke Bintaro) untuk ke kantor.   Ogahhhh… capek…..!!!!!!!!!!! Dan gw bingung sama yang tahan berjam-jam di jalan nyetir (atau even pakai supir). Weekend pun kalo harus ke jakarta , seandainya memungkinkan, gw milih naik commuter line, malas gw sama urusan cari jalan, cari parkir, bayar parkir, belum kadang macet. Apalagi sekarang banyak jalan yang ditutup, diputar karena banyaknya infrastruktur baru. bagus sih…( nanti kalau udah jadi)

Some said, the use mobil matic…jadi “asik-asik aja nyetir”  konon kabar kayak bom bom car, dan mobil gw tentunya paling murah di line-nya…manual donk!  3 pedall plus rem tangan! pantas pegal!!!!!  =))

Pantes ada sticker macam yang gw posting di atas..

Fast forward lagi, bertahun tahun kemudian…akhirnya gw gantilah si Burgundy gw dengan mobil matic itu…man kagok gw! 20 tahun nyetir mobil manual, macam orang dungu belajar teknologi yang (lebih) mudah. halah….ngga terlalu capek memang. Tapi…setelah akhirnya gw biasa pake two- pedals-ride, gw masih tetap ngga menemukan kenikmatan berjam-berjam nyetir. Entahlah…Pilihan mobilitas gw tetap sama ……

Hidup PT Kereta APi Indonesia divisi Commuter Line Jabodetabek, Go Ojek dan (kalo lagi kaya) Uber Taxi!!! you rock!!!! atau whatsapp minta jemput dan nebeng

Etapi buat gw tetep kece yang ride pedal ini sih… 😉

PEDAL POWER2

aduh lupa nih gambarnya dari mana…

19 thoughts on “the two, three pedals story

  1. Aku baca ini senyum2 Mbak. Aku takut banget soalnya kalau disuruh naik kendaraan bermotor. Maksudnya nyetir sendiri. Aku bisa sepeda motor, tapi takut banget ngendarain dijalan raya yang penuh keugal2an. Akhirnya kalau ke kampus dulu dari kosan kalau ga naik sepeda ontel ya jalan kaki. Kalau mau kemana2 naik angkot pas di Jakarta. Beberapa kali disuruh belajar nyetir sama Bapak, tapi jelas aku tolak. Manalah berani haha. Untungnya sekarang pindah kenegara yang publik transportasinya oke, mau jalan kaki aman ga diserobot sama sepeda motor, mau ngonthel juga aman ga rebutan jalan sama kendaraan2 lainnya 🙂

    • Hahhahahah. Aku malah pengen banget pindah ke kota yang salah satu kriteria-nya “gampamg mobilitas walo ngga punya kendaraan pribadi”

      Di sana sepedahan kemana mana ya mbak?? Temanku lanjutin kuliah di Delf (eh gimana spellingnya) hari pertama disana beli sepeda. Iri ih!!

      • Iya Mbak Kiky, aku disini kemana2 naik sepeda. Kalau agak jauhan dikit baru naik tram, bis, atau kereta. Kalau deket jalan kaki. Enak banget disini naik sepeda. Kami ga punya mobil disini. Sejak mobil rusak, kami memutuskan ga beli lagi. Sayang uangnya karena kemana2 kendaraan gampang. Bahkan rental mobil pun gampang sistemnya.
        Oh Delft itu deket sama rumah kami. 20menitan lah naik sepeda. Delft itu universitas incaranku sejak dulu, tapi selalu ditolak terus pas proses aplikasi beasiswa *lah malah curhat merembet haha

    • Bahahhahahahahha..menurut gw penting sih bisa nyetir mobil/ motor. Tapi ya ituuuu kalo public transportasi umum aja nyaman ngapain nyetir…capek :))

  2. Aku sama kayak Tyka, duluuuuuu sekali pernah bisa nyetir mobil n udah punya SIM…setiap nyetir juga didampingi sama Ayah….tp karena gue orangnya gugupan, abis nabrak sekali udah gak berani lagi 😦 ya wesss, akhirnya sampe sekarang cuma bermodalkan naik angkot aja deh 😀
    BTW, jadi terinspirasi bikin postingan tentang gue dan kendaraan roda dua n tiga…ntar deh insya Allah gue posting 😀

  3. idem Mba, idem
    aku belajar nyetir pas udah kerja 2tahunan, jaman itu di Balikpapan, kursus tiap makan siang, SIM nya nembak diurusin sama tempat kursus, datang langsung foto 🙂

    tapi itu SIM ga pernah dipakai, karena trus pindah ke Jakarta, ga punya mobil, nge kost di belakang kantor, ngesot ajah

    udah nikah tambah resmi ga usah nyetir, SIM cuma dipake sekali buat sewa mobil di US biar bisa pakai rate kantor, sampai akhirnya itu SIM expire dan lupa perpanjang, saking ga pernah dipakai

    sekarang di KL kemana – mana naik taksi atau train atau disetirin. Sempat kursus nyetir lagi buat dapat SIM lokal, eh udah kursusnya lama dan mahal aku ngga lulus ujian di circuit, males lagi ngulang karena harus cuti

    haha kacau nih, padahal cita – cita harus bisa mandiri nyetir mobil, bisa sih, tapi ga pernah dipakai ilmunya

    sepeda ga bisa, motor ga bisa, komplit dah 😀

Leave a Reply

