Rolled meat for free play

Catatan atas : Gw menggagumi  seorang Triathlete dari negeri sebrang.  Keren aja buat gw! Dan selain dia menjaga badannya untuk tetap bugar, he watched what he and his family eat too! Dari entry blognya yang ini, gw tersentak sadar ada kemungkinan jangka panjang ngga baik dari bubble tea yang gw konsumsi every other now and then! Ikut-ikutan teman kantor yang suka pesan dan kadang gw beli juga sama anak-anak pas weekend. Mungkin teman di IG suka liat juga gw suka pamer what particular bubble tea that I order 😀 . Well, I stop drink ones ever since.

as I browsed more his blog (gw baru religiously baca sekitar Februari  tahun ini kali setelah Nanoor cerita di blognya kalo latihan Full Maratahon sama bapak ini) , adalagi yang menyentak! Eng ing eng…. ngga baiknya flavored milk!

While in my kiddos bag, I gave them milk and strawberry chocolate UHT milk everyday! Untungnya, kalo gw boleh bilang untung, my kiddos are quite some age dimana bisa dibilangin kasih pengertian and masih nurut. Kezia is quite familiar with English jadi dia gw kasih bacaan itu biar ngerti. Coba baca blognya dia deh, ada makanan (yang mungkin sehari-hari kita makan juga) ngga begitu baik untuk kesehatan, ada makanan (yang sebenernya gampanggggg banget dicarinya) yang harusnya lebih banyak dikonsumsi.

Selain itu, salah satu teman di Bintaro Runner ada yang berprofesi sebagai Nutrionist di salah satu food maker terkenal negeri ini :D. Tiara —-  si cantik – masih muda (beda jauh sama gw!!!) – pinter banget (lulus master di Belgia umur 21!!!) – udah pernah diving di Santorini –  pernah liat Aurora Borealis geeee, gw ngga pernah mengidolakan orang yang lebih muda dari gw, yet she’s an exception, eh dua deh sama emi !!! —  juga memperhatikan makanan yang kita (runners) konsumsi. To be honest, ada sih cheat day nya ! yeah Mie Aceh, Sate Padang Mak Syukur, Bakwan Tee Box!!!!

Contohnya nih, pas kemaren kami makan di Super Steak Dempo, Rifa dan Maddi pesan minuman-dalam-kemasan-botol gelas-berupa-teh-yang -terkenal itu ^_^ , muka cantik Tiara langsung judes banget teriak “loe tau gula di – produk tersebut-  cukup untuk konsumsi gula orang dewasa selama 3 hari?” Nyiahahahhahah…langsung asem muka tuh cowok cowok berdua. (eh, nanti gw review super steak deeh) Gambarnya ada di flickr gw. yang fotonya bagus pastinya jepretan  Rifa. hehehehhe

Anyway, jadi selain kita bahas ngga penting pernah juga bahas nutrisi di waslap grup BTR. Intinya, gw yang suka potong kompas kalo kasih bekal ke anak2x (read : suka kasih biskuit  yang banyak di pasaran, dll) mau ngga mau berhenti kasih that kind of food. Minimal dikurangi.

So, every weekend after I had my regular exercise gw mulai buat real food buat bekal anak2x. Hahhahahaha. Donat kentang, chicken nugget, empek empek , somay ayam, yang semuanya dari dapur sikiky. Resep tersedia banyak di internet (thank you technology!!!) . Mati gaya sih emang, apalagi gw ngga kreatif! Dan di kantor ada temen juga yang concern sama bekal anak ini. Dia paling sering ntah browsing entah coba-coba sendiri. Kemarin kasih resep ini, ntah apa namanya….

hahahahah…intinya sih, gw mau nulis resep, cuma pake cerita dikit. Lebay as usual. Yet, watch out our intake start…now!  

Bahan isi:
200 g udang (bisa diganti ayam/daging), cincang kasar — gw pake daging. Kezia alergi udang, ayam mereka udah bosen 😀
1 buah wortel ukuran sedang, parut halus
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdm putih telur
2 sdm tepung terigu
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih, memarkan, cincang halus

Bahan kulit:
2 butir telur, kocok lepas, untuk kulit(dadar)
1 butir telur, kocok lepas, untuk mencelup
100 g tepung panko
minyak untuk menggoreng

20131126-171343.jpg

Cara membuat:
1. Campur semua bahan isi, aduk rata. Bagi menjadi 4 bagian, sisihkan.
2. Panaskan wajan anti lengket, olesi sedikit minyak, tuang empat sendok makan kocokan telur, putar wajan hingga menjadi dadar yang lebar dan tipis. Lakukan hingga habis.
3. Ambil satu bagian adonan isi dan ratakan di atas permukaan telur dadar. Gulung dadar sambil dipadatkan. Lakukan hingga habis.
4. Kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang, angkat, dinginkan. Setelah dingin, potong-potong shrimp roll menyerong 3 cm.
5. Celupkan potongan shrimp roll ke dalam kocokan telur. Gulingkan di atas tepung roti, lalu goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, sajikan.

20131126-184953.jpg

Ya, marilah dicoba 😀

5 thoughts on “Rolled meat for free play

Leave a Reply

