The Jakarta Marathon

Sebelum cerita ini basiii
So, last week was my second half marathon race.
Event ini menurut banyak orang paling parah dari pendaftaran, pembayaran, publikasi, promosi bahkan….yang paling parah: pengambilan race pack yang buat banyak peserta antri berjam jam bahkan ada yang sampe 7 jam!
However, ntah kenapa gw excited aja! Apalagi rutenya bener bener baru.
Gw pun merelakan tiket One Republic gw hangus supaya bisa bangun pagi walaupun sudah bela belain nginap di Hotel Morrisey!
Banyakan biaya nginep dibanding race! Hahahahah

Malam sebelumnya Gw ketemu Aniza, trail runner dari Malaysia. Ini orang pengalamannya banyak banget, di indonesia aja sudah daki 4 gunung dan tahun lalu ikutan Mount Rinjani Trail 22k dan 2 minggu lagi balik ke indonesia buat ikutan Bromo Trengganu Semeru trail! 50km it is… *usap usap dengkul*

20131102-204935.jpg

Anyway…
Woke up at 3.30 am, abis sholat cabut ke Ibis janjian sama Imel, Uchi dan Jali untuk menuju Monas (yes, we support local race, banyak yang dari Bintaro pada nginep di ibukota ๐Ÿ˜‰ )

Semua berdoa, dibalik kekacrutan yang terjadi, semoga race aman.
And it was…

  • yes, the race start on time. Buat half marathon dan Full marathon waktu startnya sama, rute sama sampai km 18 kalo ngga salah
  • rutenya, keluar monas, budi kemuliaan, abdul muis, jalan gajah mada sampai daerah kota, mutar balik melewati stasiun beos. Lanjut hayam wuruk, jl juanda, mutar di lapangan banteng melewati kathedral dan istiqlal, balik sudirman melewati bunderan HI balik lagi ke monas
  • ngga ada toilet portable!!! Gw mampir di 7 eleven hayam wuruk akhirnya. Mana antri lebih kali 5 menitan! Sebel
  • this was the best part, Ditto sama galih, teman lari bintaro datang bela2xin buat moto kita. And, this is my fave picture
  • 20131102-205654.jpg

  • apa yang ditakutkan banyak pelari kejadiannya juga. Jalur CFD sudirman parah banget. Tapi mau kesel jua gimana? Jakarta tata letak kotanya udah parah sedikit ruang terbuka. Mau kemana mereka olahraga santai? Bahkan water station di jalur ini, minumannya diambilin juga sama yang ngga lomba!!! Hadeh!!! Bangsaku…hobi banget gratisan
  • di km 17-an indorunner volunteer Sponge Area. Ya, di kasih spons basah buat ngademin badan ๐Ÿ™‚ sejuk
  • and also best part. Pas lari ketemu mas cumi
  • 20131102-210324.jpg
    Berasa jumpa artiss ya hahahah

  • karena gw lelet, kayaknya gw ngga kedapatan buah di Fruit Station. Kali ini gw siapin salt stick 1 bungkus yang diminum tiap 1 jam, sekali consume gu gel. Satu gu gel gw kasih Rizky. Gw lupa deh gunanya salt stick, kayaknya supaya ngga kram kaki. Yes, race kali ini gw happy aja bawaanya gak pake kram kram kaki kayak waktu May bulan lalu
  • jadiiii, menurut catatan waktu 3 jam 12 menit gw menginjak garis finish ๐Ÿ™‚
  • 20131102-210834.jpg

    A happy overweight slow runner.
    Banyak surprise juga gw ketemu tetangga jaman dulu yang kini tinggal di singapur. Done his Full Marathon 3 jam 45 menit! Sintinggg.

    Gw nunggu beberapa teman bintaro yang ambil FM, duh banyak momen mengharukan sihhhh pas finish itu.
    After pak aryo dan pak hasbi finish with in 5 hours, gw balik ke hotel mandi jemput anak anak, balik lagi ke Monas mau nungguin mbak Nining.

    And I tell you what. Finishing a marathon is one epic moment.
    mbak nining was crying all the way from HI ke finish,
    kepanasan, kram, lari sendirian, your body said no yet your mind said go head.

    So, kita ‘jemput’ dia lari sama sama gandengan tangan ke garis finish.
    She completed in 6 hours 59 mins. Mepet cut off time jam 12 siang! Yoiiiii! 12 siang. Start lomba jam 5 teng!
    Aniza sendiri baru kelar jam 11-an kena heat stroke dia! Padahal udah 9x FM

    20131102-211514.jpg

    Huah a day to remember. Gw pribadi seneng aja bisa shove 10 menit dari first HM (padahal pake antri toilet), finish strong sore masih bisa berenang 500 m. Even on Tuesday, gw dah bisa lari lagi ๐Ÿ™‚

    Sampai jumpa lagi di The Jakarta Marathon tahun depan! Mungkin gw mau upgrade :))
    Ngga mau kalah sama nenek dari singapur ini bela belain ke jakarya for her FM

    20131102-213659.jpg

    #respect!

    8 thoughts on “The Jakarta Marathon

    1. Salut buat kalian yg ikutan marathon ini, gw jadi malu. Secara gw ngak perna ikutan lari, datang ke car free day cuman buat ngeceng2 ngak jelas trus kulineran meskipun tetep pake sepatu lari hahaha.

      Btw aku seneng banget akhir nya bisa ketemu sama jenk kiki temen di dunia maya antah berantah. Lanjut kan perjuangan mu kakak terus berlari dan berlari, asal jgn lari dari kenyataan hahaha

      • Suka lebay deh neiikkkk hahahhaha

        Iya pas banget ya momennya, pas lo nengok ke belakang kan, kalo berdua sama sama pandangan lurus ke depan ngga ketemuan kita hahahhaha

    Leave a Reply

    