#10daysforAsean Enjoy Jakarta

Saya pernah sekilas baca di sebuah artikel tentang Asean, kira-kira bunyinya seperti ini :
‘Anomali Anggota Asean (sok) damai di luar, memperkaya senjata di dalam’
Ini terkait dengan hal yang saya singgung di postingan sebelumnya tentang ketegangan di perairan Laut China Selatan.
Dalam kasus ini, Indonesia berada di pihak yang netral (terima kasih kepada negara kita yang luas wilayah lautnya lebih besar dibanding daratan) yang kerap kali berusaha meredam konflik ini di forum Asean.

OOT sedikit : saya pernah training tentang analisa keuangan, dimana pemberi materi, Johny Tan, adalah seorang Warga Negara Singapur.
Mr. Tan berucap seperti ini ‘your country can afford having 50% of its citizen illeterate, my country can’t ‘
iya, saya kembali disadarkan oleh potensi negara ini.

Ini baru bicara potensi Human Resource negara kita belum potensi alamnya.

Berdasarkan dua point diatas saya bisa bilang adalah wajar menjadikan Indonesia sebagai ‘rumah’ untuk negara anggota Asean. Sehingga wajar adanya ibukota Indonesia ini menjadi Diplomatic City of Asean.

Dampak positifnya tentu saja dapat menjadi gerbang masuk untuk negara maju lain yang menjalin kerjasama dengan negara Asean dalam bentuk Asean+ 3, dengan China, Jepang dan Korea Selatan.

It doesn’t take a genius to read between the line, prediksi cash flow yang masuk ke negara kita! Saat ini saja bisa dibilang produk apapun tersedia di kota ini!

Masalahnya adalah siapkah kita (Kota Jakarta) ? You guys know the answer? 😉

Sudah saya singgung juga di postingan lain sebelumnya, lagi-lagi, infrastruktur kita belum baik jika boleh dibilang tertinggal dari ibukota pengagas Asean (kecuali Manila, yang 11-12)

Kota ini merugi secara ekonomi sebesar IDR 40 trilliun karena macet. Mungkin belum termasuk kerugian polusi udara dari asap kendaraan bermotor. Jumlah ruang terbuka kalah jauh dengan Ho Chi Minh City. Waktu saya lari pagi di Bukit Aman, seperti yang saya tulis, saya melihat tupai dan monyet liar. Hal yang sepertinya mustahil saya jumpai jika lari di Jakarta.

Pembangunan kota ini buat saya tidak seimbang. ‘Nganggur’ dikit dijadikan lahan komersial.
Saya pernah tulis di account Path saya:
‘Adakah kota lain di dunia dimana keterangan 5 minutes walk equal 30 minutes drive?” Pada siang hari dari depan kantor, jarak antar tempat yang dihabiskan dalam 5 menit berjalan sama dengan 30 menit berkendaraan!

Ibarat rumah yang ingin menjamu tamu atau kerabat dekat agar betah dan nyaman, Jakarta sangat sangat sangat sangat perlu berbenah.

Foto dibawah saya ambil dari atas Kali Krukut yang awal tahun ini meluap airnya.
Saya berjalan dari gedung kantor ke stasiun Dukuh Atas. Perjalan sepajang 1km itu kurang nyaman sebetulnya. Selain trotoar sempit, kondisinya juga jelek bebatuan, plus harus berbagi dengan pengendara sepeda motor yang memakai badan trotoar karena Jalan Sudirman, jalan protokol kota ini macet luar biasa.

20130904-123853.jpg

Ingin saya di kiri kanan atau setidaknya satu sisi kali ini saja ada track untuk jogging dan sepeda.
Sebagai commutter, penduduk sub urban konstribusi saya hanya tidak buang sampah sembarangan dan memakai angkutan umum. Hahaha 😀
Jujur saya agak kesal sama teman-teman yang hampir setiap hari selalu update status ‘macet’ dan rentetan makian.
Padahal mereka memaki dari mobil pribadi berpendingin udara,
they are part of traffic!
Tapi dipikir- pikir mereka tidak salah 100% karena angkutan umum jelas tidak memadai khususnya bagi kelas menengah yang ditambahkan lagi oleh para seleb socmed #kelasmenengahngehe

Saya secara de facto terakhir menjadi warga kota ini tahun 2007, secara De yure baru 2011 (dengan mati-nya masa berlaku KTP saya yang berlambang Monas) .
Tapi antusias mengikuti sepak terjang kedua politisi yang sedang naik daun dalam merapihkan ibukota negara tercinta ini.
Semoga keluarga mereka pun sama tangguhnya dengan kepala keluarga mereka.

Penutup:
This is what my nike+ app say after I’m done with my target.
“Congratulation! You just complete your goal! your record never stood a chance’

Rekor saya update blog 10 hari in a row demi berpartisipasi dalam acara yang seru Lomba Blog #10daysforAsean dari Aseanblogger.com

Mohon maaf jika isi dan pemakaian kata kurang berkenan, sok tahu,atau apapun itu 😀 Beberapa postingan, termasuk postingan hari ini, saya update lewat mobile phone. Banyak typo ;))

Buat teman-teman followers di WP, besok ya saya update cerita seru saya di bromo 10k dan mungkin cerita lari cantik di kabupaten palawan! Yes, saya besok travelling lagi :))

Leave a Reply

