#10daysforAsean Mabuhay Pinoy!

Pada topik hari kedelapan Lomba Blog 10days for Asean, saya kembali sadar, negara di Asia Tenggara ini have a lot in common,kita sama-sama memiliki pemimpin negara yang dipilih kembali (atau harus memilih) yang sama untuk waktu yang lama.

Malaysia dengan PM Mahatir Muhamad, Indonesia dengan Pak Soeharto, Singapore dengan Lee Kuan Yew dan topik negara hari ini, Filipina dengan Ferdinand Marcos. Saya masih ingat lhoo menemani papa saya menonton Dunia Dalam Berita di TVRI  ketika dia “dipecat” jadi presiden dan kemudian digantikan  dengan the late Cory Aquino, dimana suaminya terbunuh (dan diduga di dalangi oleh Marcos).

PS : tolong jangan hitung umur saya, ya! hahahahahha. Yang baca ini jangan-jangan belum lahir pada masa itu.

Bagi saya, between Indonesia and The Philippines share a lot in common as well! Sama-sama negara kepulauan, sadly but true — banyak tenaga kasar kedua negara ini yang bekerja di negara yang lebih makmur  dan mempunyai bahasa yang hampir mirip :D. Airport internasional yang masih-masih butuh perbaikan dan rasanya infrastruktur kota Manila hampir mirip dengan Jakarta, banjir jika hujan deras! Bahkan memiliki presidean wanita pada saat bersamaan, Ibu Megawati dan Gloria Arroyo! Ketika Ibu Megawati melakukan kunjungan kenegaraan pada tahun 2001 , saya pernah baca di media, ini semacam  reuni untuk mereka karena  pernah makan malam bersama di Istana Nagara ketika sama-sama jadi anak presiden. Gloria Arroyo adalah anak mantan presiden juga Diosdado Macapagal.

luneta-parkSaya tahu karena  saya punya rekan blogger dari negeri ini dengan ID teacherjulie. Bahkan kalau saya menulis status dalam Bahasa Indonesia, dia bisa mereka-reka apa yang saya tulis dan benar :D. Teacherjulie tidak menulis blog lagi, sekarang kami ‘berkomunikasi’ melalui Instagram.

Obrolan sama dengan Grace waktu saya ketemu di Johor Baru kemarin pun sangat lancar dan akrab. Seolah-olah we have been through the same thing karena kondisi negara kita membentuk seperti itu :))

Ketika Marcos turun, seingat saya hampir sama kejadiannya dengan ketika alm Pak Harto turun jadi presiden 15 tahun kemudian, demonstrasi besar-besaran akibat korupsi yang menggila, pelanggar hak asasi manusia dan kebebasan pers. Sayangnya, sama dengan Indonesia, pasca naik dan turun presiden yang berkali-kali itupun masalah korupsi belum selesai bahkan semakin parah di jaman Joseph Estrada, mantan presiden pengganti Corry Aquino yang juga mantan bintang film! yeah..yeah..they had ‘presiden ganteng’ as well :D. Ring any bell?

Oh ya, sebelum saya lupa dan issue ini yang menjadi kesimpulan saya untuk tema hari kedelapan ini. Beberapa tahun yang lalu, lewat photo blog saya (yang sekarang tidak aktif), saya ikut meme photo yang diikuti oleh blogger seluruh dunia. Jadi ada seorang blog hosting tema tertentu dan kita harus posting foto dengan tema tersebut di blog yang kita punya. Disini saya kenal dengan Teacher Julie, Mimie Watson dan Jeroi (ada di  Fb dan timeline twitter saya). Banyak sekali peserta dari negara ini dibanding dengan negara Asia Tenggara lain. Ini juga didukung dengan kemampuan berbahasa Inggris mereka yang buat saya diatas rata-rata blogger Indonesia saat itu.

Ambil contoh paling mudah saja ya. Tempat paling gampang mengekspresikan diri adalah social media kan? Misalnya Facebook. Prosentase pengguna internet di Indonesia adalah 22.12% dan pengguna FB  20.55%,  prosentase pengguna FB dibanding pengguna internetnya mencapai 92% sedangkan untuk Filipina pengguna internet lebih tinggi  32.38% dengan penguna FB 28.8%, prosentase pemilik akun/pengguna internet 88.96%. Kedua tertinggi untuk negara di Asia Tenggara :D. Data diambil dari om wiki.

In short, sama seperti kita, blogger Indonesia, blogger Filipina memiliki kesempatan yang sama luasnya untuk kebebesan ekspresi dan berpendapat. Saya bahkan tahu tentang Boracay dari blog yang saya baca saat itu. Talking about democracy,  in fact,  negara ini lebih dulu menggulingkan pemerintah yang otoriter di jaman Marcos!

Foto Rizal Park saya ambil dari sini. Cek juga perjalan Mas Cumi disini!

Diikuti untuk lomba hari kedelapan . Two days to go ! 😀

PS : judul saya dapat dari majalah Jalan-Jalan edisi bulan Desember yang mengangkat fitur kota Manila. Artinya, Hello, long live.

Leave a Reply

