#10daysforAsean Chicken Rice Island and the other islands

piuh…saya baru kembali dari Bromo – Malang langsung balik ke Jakarta Tanggerang 😀
Hari Minggu admin Blog asean ngga libur ya? hahahah serasa balik ke jaman kuliah 2 tahun lalu 😀
Agak sulit nih temanya, but in a way, saya ngga terlalu surprise kalau persoalan yang diangkat Singapura dan negeri terdekatnya.  Saya pernah beli komik ini, entah dimana barang ini sekarang 😀

singandmalay

Komik sindiran yang dibuat oleh dua penulis dari masing-masing negara. Dari hal kebebasan pers, biaya hidup,  transportasi masal, bahasa nasional, bahkan hal-hal sepele seperti ” Memecahkan pemecahan rekor bangunan dari sabun terbesar — silly things like that” (ya, ya…go head and laugh…) dipermasalahkan dalam  hubungan kedua negara ini.
Bahkan di komik tersebut kedua negara itu berebut  mengklaim bahwa salah bagian negara mereka adalah ‘ujung benua Asia’ saya lupa tempatnya, saya lupa komik itu saya letakan dimana. Tapi yang saya ingat, Singapura menjadikan Sentosa Island sebagai ujung benua asia dengan catatan memasukkan jembatan yang menghubungkan mainland dengan pulau wisata tersebut! silly? Go figure!

Seingat saya, tidak saja dengan Singapura, Malaysia dan negeri kita juga pernah mempermasalahkan kepemilikan Sipadan dan Lingitan, negara lain Thailand  dan Kamboja pernah merebutkan wilayah Candi Preah Vihear, memakai angkatan militer yang menewaskan puluhan orang.
Dulu sih, seingat saya ada istilah Zone Ekonomi Eksklusif, daerah 200 mil dari pantai yang yang berhak untuk mengelola kekayaan alam, kegiatan di udara dan lain-lain. Tapi,  kalau kedua negara merasa  berhak atas  zona ini permasalahan jadi tidak selesai ya.

Sehingga pemikiran pendek saya, jadikan saya dua pulau ini No Man’s Island, seperti wilayah perbatasan di perbatasan  Vietnam dan Kamboja. Karena ‘as conclude on that comic, those two citizens from both countries are sweating small stuffs’, siapa sih  yang benar-benar  mempermasalahkan status pulau itu?

Kecuali…ada cadangan minyak yang besar terpendam disitu? Is it? *tidak menyelesaikan masalah* 😀

 

picture of the book taken from amazon.com, my book was missing somewhere

6 thoughts on “#10daysforAsean Chicken Rice Island and the other islands

Leave a Reply

