Finplanner (wanna be)

debt-consolidation-1

Gw punya temen, belum lama sih kenalnya (jika dibanding umur gw). Setiap ngobrol atau  ketemu, ngomongnya ngga jauh jauh tentang gaji dan ‘derivatifnya’ (hutang, bonus, nabung, dll) dia merasa kurang dan ngeluh susah nabung. Gaji blas habis gitu aja.

Frankly speaking here, (kecuali agent UL atau penggiat MLM kali ) banyak dari kita “ngga happy”  lah sama earningnya…
Maksud gw, sebagai manusia maunya beragam apa daya resource terbatas 😀 *gw juga gitu*

Anyway, kalo istilah si  financial planner kondang itu, gw dan  temen gw ini haqul yakin masuk #kelasmenengahngehe =))

gw yakin yang baca ini juga masuk kelas itu (ato bahkan sudah naik tingkat).

Back to temen gw itu, yang bikin rada kurang sreg di hati gw sih, edisi tampil dia oke banget lah…semua dibeli. Dulu gw sempet mengagumi kepiawaian dia mengelola keuangan keluarganya, yang ternyata ngaku hutang kartu kredit.

Cuma selama dia ngga ngutang buat bayar uang sekolah anaknya (believe me, temen kami berdua ada yang gini  #kelasmenengahngehe juga, bikin gw merinding sekaligus gemes…suer!!!) gw males nanggapin.

contohnya niy….dia punya smart phone 2, satu BB satu entah Iphone entah android. Tadi gw pikir salah satu gadget-nya asset dari kantor ternyata engga, isi pulsa sendiri. Mau punya  semua platform komunikasi, dari Samsung S3, BB, Ipad, Esia buat gw sah-sah aja …selama mampu bayar dan emang ada gunanya/sesuai kebutuhan.

Dan ketika dia ngeluh kenapa dia ngga bisa nabung, otak gw malah mikir

paket internet (BB dan  iphone/android) 30 hari mungkin IDR 100 ribu.

Kalo salah satu dihentikan, otomatis ngga ada pengeluaran lagi bisa nabung IDR 100 ribu

Taro di Reksa Dana Saham misalnya asumsi return 25% p.a selama 10 tahun aja, he would have IDR52,193,109.94. 

PS  : RD bisa dibeli dari IDR 100 ribu kan…rumus pake Future Value, compound interest, di excel juga ada 😀

itu juga kalo asumsi beli gadget lunas atau dikasih, bukan yang program nyicil 0% dari Kartu Kredit. Kalo pake nyicil lebih ngga asik lagi.

Iya ngga sih?

PS : foto nyomot dari sini

27 thoughts on “Finplanner (wanna be)

  1. Ih banyak ini mah mbak!ada kumpulan orang2 indo (pere) disini yg kalo arisan heboh ngomongin nya ttg hal2 materi doang..sumprit, yg denger jg males makanya gw ga pernah gabung.heran deh yg berkeluarga & punya anak tp mentingin kebutuhan pribadi diatas keb. anak & family 😦 kok bisa siiihhh?ngomong2, gw jg bingung yg penggiat MLM itu skrg kayaknya menjamur bgt ya di indo?

    • Oh ya ampun, dimana mana ternyata ya? :))
      Sifat dasar manusia berarti ya heheheh

      Kenapa mlm menjamur karena kalo jadi karyawan ini (biar ngakunya bisnis kan tetep aja dia jualan produk perusahaan tertentu kan) income elu based on produk kejual ato orang kerekrut…
      Based on komisi lah yaaa…jadi semakin giat jualan komisi makin gede

      Sama aja sih ama yang jualan KPR di bank

  2. Jadi kalo emang ga bisa nambah penghasilan, kita harus pinter ngendaliin pengeluaran buka?! Hihihihi tapii gaya hidup gw udah semi nelangsa sih mba gak bisa dikurangin lagi 😀

Leave a Reply

