(short visit) Musium Bank Indonesia

Minggu lalu, I took kiddo#1 ke kota musium Bank Mandiri tepatnya. Gw ikutin dia semacam workshop untuk anak-anak agar belajar menulis (cerpen, novel macam KKPK gitu). biasa…gw dapat tawaran dari kak indahjuli. Workshop ini 2hari, setelah kelas dimulai, gw bingung ngapain. Igw liat musium Bank Indonesia ini. Letaknya persis di sebelah Musium Bank Mandiri, sebrang stasiun Kota.

Jam buka  kalo gw ngga salah ingat Jam 8-16.00, untuk weekend kecuali weekend itu bertepatan di hari libur yak (seperti yang gw alami, hari Minggu 6 mei nih musium tutup karena libur waisak). The Museum closed every Monday as well.
Setelah nitip tas, kita boleh masuk. it’s free!  Cuma nulis nama + dikasih tiket.

Awalnya seperti sejarah awal bangsa ini, jaman orang2x Eropa mencari rempah-rempah ke negeri kita, jadi ada diorama2x gitu plus biography singkat pejelajah jaman dulu. After that jaman penjajahan yang lantainya lucu deh…lantainya kayak gini



Dan selain sejarah, diberilah diorama-diorama pertama kali bank beroperasi di Indonesia, koleksi uang RI, perubahan logo Bank Indonesia sebagai bank sentral yang semula bernama De Javasche Bank (DJB). Jadi logo awalnya BJ booo, bukan BI. Termasuk cuplikan2x koran jaman awal kemerdekaan, PKI sampai krisis ekonomi tahun 1997.

Ada juga satu ruangan yang menampilkan uang-uang logam dari jaman dulu (jadi lebih kepada cukilan bongkahan emas) yang dilihat harus pake kaca pembesar yang bisa digeser-geser.

(foto diatas diambil ketika sorenya gue balik lagi kesini after kiddo#1 kelar workshop)

Selain itu disini  (di ruangan ini) selain ada contoh uang yang empat lembaran gitu untuk dikoleksi. Jadi empat lembar uang belum dipotong, gue lupa istilahnya apa, dulu dosen Manajemen Treasury gue dirut Peruri (saat ini) pernah bilang juga. Uang model ini dicetak terbatas, ada nomor serinya juga. Diruangan ini juga ada koleksi2x Bank notes negara-negara lain yang tersusun dalam lemari kaca berlampu remang-remang. Lucu deh, macam lemari perhiasan.

and how would you like this bank notes on your purse? hahahhaha Uang 10 ribu cetakan baru 😀

overall, (mungkin karena baru), bangunannya terawat, AC-nya dingin,kamar kecilnya  bersih  tapi jangan coba2x leyeh2x ngadem diruangan ACnya, kamera pengawasnya banyak, disamperin satpam kalo kelamaan ngelantai *pas gue kesana ada rombongan anak SMA kena tegur, ketauan ngadem*

As old building, dibangun oleh orang2x eropa itu.  gue juga suka detil bangunan ini, sayang ngga bawa kamera. all pics taken my mobile phone. *eh, foto pertama pake kamera denk*

Wonder where I go the second day while my kiddo still have the workshop? gue keliling naik sepeda onthel ke pelabuhan Sunda Kelapa, musium Bahari (ngga tutup hari minggu kemaren, kalo sampe tutup juga ngga dapat income tuh musium sepertinya), dan sekitarnya….foto2x di flickr

Advertisements

One thought on “(short visit) Musium Bank Indonesia

  1. secara Fayra suka melihat2 keajaiban dunia lain, sampe hari ini gw belum berani bawa dia ke kota tua. Padahal gw penasaran banget mo ke museum ini. Rafa udah kesitu dari sekolahnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s