pergi ke bon bin

😉

as my twitter board said, for the first time in 25 years (I guess), I visited Ragunan  Zoo again! ^_^.

Awalnya siy, mau family gathering KGB parents and kids,seperti biasa…rencana tinggal rencana satu ke utara satu ke barat daya, ngga ketemu :D.

Anyway, kami bawa mbak iroh dan adiknya, Osep. Mbak iroh ini pernah jagain Kiddo#1 waktu masih baby, tapi biar sudah tidak kerja sama kami lagi masih keep in touch lah. Berhubungan Osep yang tinggal di Pamarayan, Serang,  jarang-jarang ke Jakarta, sekalian diajak plesir. Terus pas saya tulis di timeline, ada yang nanya kayak apa KBR sekarang. Hahahhaha, saya tidak sendiri rupanya! 😀 sekalian diulas disini lah.

Jam 10 pagi sampailah kami di gerbang Ragunan Zoo, the entrance fee quite affordable, only RP 5.000/person and per car. My first target was Pusat Primata Schumutzer.  Pernah diulas di MP-nya Mas Hidayat kalau ngga salah, baru sempat sekarang. Jadi, kalau masuk dari pintu (dari arah Jl. Cilandak KKO) belok kanan. Tapinya niy ya…agak jauh, better nyari andong deket pintu masuk minta anterin deh. 🙂

Masuk PPS bayar lagi Rp 5.000/orang, titip tas (karena tidak boleh bawa makanan, botol minum, dll, ditakutkan di lempar ke binatang). Nah, kami mulai dari bawah sebelah kiri, which is ngelawan arah :D. Harusnya naik dulu dan dari jembatan Gorilla Walk, melihat so gorila dari atas.(buat kami areal ini jadi tempat terakhir yang dikunjungi).

So, sesuai namanya..hewan2x yang ada bangsa/ordo/family *duh apa sih istilahnya lupa pelajaran biologi* primata. Kiddo #2 yang memang suka sekali sama binatang excited banget bisa lihat gorilla, lutung, wau wau, orang utan dll.

Terus kita masuk ke Terowongan Orang Utan, dimana kita bisa melihat-lihat primata dari kaca. Tapinya nih….*tetep pake tapi*, beberapa areal ngga ada lampu. Asli gelap…duh! Juga beberapa tempat ACnya matih…gerah gillllaaaa…! Pas dekat jembatan gorilla itu, ada dua lutung yang lagi “nyanyi”. Asli heboh…mereka mengeluarkan suara-suara seperti bernyanyi lah. Menarik! Kiddos sampai terpukau melihat dua lutung tersebut berlompat kesana kemari sambil “bernyanyi”.

Tapinya lagi,  areal kan luas ya…ngga ada map/peta juga. Jadi bingung mau where to go? Petugas juga jarang.  kami sempat bingung nyari pintu keluar. Tempat lain variasi lah, ada jembatan kanopi, bisa naik ke tower (sayangnya dua wahana ini ditutup, mungkin kayunya sudah lapuk).

Disini sampai jam 12-an, dengan rasa dahaga luar biasa :D.  Tapi ada sih disiapin water dispenser (yang minumnya miring ya, bukan dispenser seperti untuk galon air mineral). Kiddo #2 pengen banget liat singa dan macan. Jadilah keluar PPS kami ke arah kanan menuju pintu utara. Di ujung jalan *which is jauhhhhh bangetttt* ada kandang singa, harimau putih, harimau sumatera, dan seberangnya unta. Sebelum ke lokasi ini ada kandang buaya. Kiddo #1 mah udah ngeluh capek , duduk manis menunggu dengan mbak iroh saja ngga jauh dari PPS itu ada deretan tempat duduk. Sementara kaki saya udah pegal luar biasa, dua bocah laki laki itu tetap semangat dan excited!

So, mungkin karena terbentur dana (mengingat tiketnya juga murah ya), ngga ada brosur/map gitu biar tahu peta lokasi. Jadi cuma ngandalin papan penujuk jalan sama tukang jualan minuman :D.

Terusnya niy…ada siy “kereta buat keliling”, cuma bayar lagi Rp 5.000/orang dekat pusat informasi. Tidak seperti Kereta di Taman Bunga Nusantara (hohohooh, cerita ada di blognya double Ke, cuma ditutup karena bundanya males ngapdet) yang berfungsi seperti “shuttle service”, kereta ini ya emang cuma buat keliling tanpa dapat informasi dari supirnya maupun dapat berhenti (dan kemudian di jemput/naik lagi) untuk melihat-lihat wahana yang ada.

So, setelah lelah amat sangat karena jalannnnn….! kami pulang dengan hati senang. alternatif akhir pekan tanpa nge-mall! Oh ya, ada juga atraksi naik gajah, tiketnya juga murah Rp 5.000/ride. Cuma ngantrinya bow…males dah capek.

Tips : bawa topi/payung, air minum, tissue atau handuk kecil is a must. Musholla dan tempat makan juga available.

Advertisements

One thought on “pergi ke bon bin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s