KKN pun dapat menewaskan 500 orang


kemaren gue nonton National Geography di Metro TV, feature yang cukup menegangkan menurut gue. menceritakan Sampoong Departemen Store di Seoul, Korea bangunan 5 lantai yang blas…roboh, rata dengan tanah 29 Juni 1995.

Ketika korban-korban dievakuasi, blueprint dari Mall besar ini dievaluasi lagi. Suspect-nya tentu pada kekeuatan beton, tapi sample yang diuji coba di lab, beton bangunan ini bagus kondisinya.
Ternyata ada temuan bahwa diameter besi penyangga, (ato kolom penguatnya?) diperkecil dari rencana semula.
Mall Sampoong ini rencananya mau dibuat perkantoran, tapi si pemilik berpikiran lain ketika design sudah jadi, ingin merubahnya menjadi Mall.
Kontraktor pemegang tender awal mundur, karena tidak berani untuk mewujudkan keinginan si pemilik gedung.

Selain itu, blueprint yang harusnya untuk lempat lantai, pada masa konstruksi ditambahin lagi satu lantai, pemilik bercita-cita memiliki restoran di lantai terakhir.
dan untuk menambah kenyamanan pengunjung restoran, dibawah lantai 5 itu dipasang pemanas.

mall tanpa AC? tentu tidak nyaman, dipasang lah 3 AC raksasa untuk mendinginkan void di mall tersebut, beban dari 3 AC, yang semula di sisi kiri (perumpamaan aja neh) kalo ngga salah 30 ton?(300?3000? lupa…), ternyata bermasalah, jadi dipindahin ke sisi kanan…(pokoknya opposite deh…!) tanpa menggunakan crane, iuntuk menekan biaya, ibarat bicara sehari-hari,tuh AC didorong-dorong aja dipindahinnya bukan diangkat, jadilah atap bangunan itu retak-retak karena pergeseran tersebut.

so, dengan harusnya 4 lantai jadi 5 lantai, ditambah lantai paling atas restaurant dengan Kitchen Equipment yang pastinya berat-berat (kompor, chiller, oven, dll), kolom penguat yang diperkecil ukurannya, pemanas yang nangkring dibawah lantai 5, plus AC yang udah berat, didorong-dorong pula memperparah kekuatan gedung ini…

setelah gedung ini berumur 5 tahun, amblas…it was matter of time actually, soon or latter pasti collapsed juga! in this case, 5 tahun!
Sehari sebelum roboh, ada pengunjung restaurant yang melihat atap yang retak, on the D Day ruangan dapur restaurant pun dapat “limpahan” pasir dari atap.
Pemilik hanya menyuruh mematikan AC (karena AC hidup, beban makin berat), dan melapis retakan tersebut. Sejam kemudian terjadilah petaka itu.

dari sekitar 1500 pengunjung, 500 lebih dinyatakan tewas, namun Seung Hyon Park, pekerja dept Store tersebut selamat setelah 17 hari terkubur dibawah reruntuhan bangunan tanpa makanan namun ada sedikit air dari hydrant pemadam kebakaran.

Setelah di investigasi, ternyata perijinan pembangunan Sampoong Mall juga pake menyuap 12 aparat pemerintah setempat. Si pemilik beserta anaknya, dan 12 Pemda Seoul were sent to jail.

Hmmm…jangan sampai kejadian serupa menimpa bangsa ini yang kabarnya udah mendarah daging KKN-nya…membayangkannya saja gue takut!

bisa juga dibaca disini
termasuk fotonya juga diambil dari situ.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s