chicken shouffle

Yu Huuuu…gue ngga nyangka ada secarik resep juga di blog gue…
tapi sepertinya ibu tiga anak ini pengen banget gue bikin foodblog *pletak*
begini ceritanya :
ibunya temen kantor ada yang jago masak, dan membuat chicken shouffle sebagai jualan adalannya, enak banget…
tapi ya gitu deh, berhubung resep andalan, ngga semua orang dikasiy tau…kalo ngga salah siy, anak semata wayangnya juga engga dikasiy tau…
jadi gue cari tau aja sendiri, pertama-tama nanya di forum blogfam, lama baru ada jawaban dari Lisa di paris, duh…thank you banget ya bu.

Sebelum tau dapat jawaban dari Lisa, sempet nanya juga di milis dapur bunda, dan dijawab ama Indah.
Jadi hari sabtu pagi yang lalu gue buat chicken shoufle resep dari Lisa masih ada sisa fillet ayam, minggunya karena fanny datang ke rumah gue buat lagi, kali ini nyoba resepnya neng.
and ya, as ussual, penampakan tidak menggugah orang untuk pengen makan…tapi ngga ada salahnya dicoba weekend ini ok!

karena gue yakin ngga semua pecinta blog ini *pletak* ikutan forum blogfam maupun milis dapur bunda, maka saya sertakan dirumah ini…mari…

ala lisa

Bahan :
2 Filet ayam
100g keju parut (keju tipe emmental)
70g mentega + 20g untuk cetakan
1 st kari bubuk
6 telur
30cl susu cair = 300 ml (in case mathnya ada yang suka error kaya’ gue…)
70g terigu
1 sm minyak
Garam, merica

Cara :
Panaskan minyak dan masak filet ayam sambil dibalik balik.
Dinginkan, kemudian di haluskan dg blender.
Panaskan oven 210°C
Potong mentega kotak2 kemudian cairkan dg api kecil. Masukan mentega dan biarkan selama 2 menit sambil terus diaduk. Sisihkan.
Pisahkan putih dan kuning telur.
Masukan kuning telur, keju parut dan kari bubuk ke campuran mentega/terigu. Tambahkan garam dan merica. Kemudian tuangkan susu yg sudah dingin dan taruh di atas api kecil. Terus aduk sampai mengental. Sisihkan panci dari api, kemudian masukan ayam yg telah diblender. Aduk secara merata.
Kocok putih telur sampai tinggi, kemudian campurkan ke adonan ayam.
Tuangkan adonan ke cetakan soufflé yg sudah diolesi mentega.
Masukan ke oven selama 30 menit. Hidangkan segera setelah keluar dari oven.

ala neng

Souffle Ayam Keju
Bahan :
75gr margarin
90gr terigu
1 buah bawang bombay(cincang halus)
garam secukupnya
merica secukupnya
4 kunigntelur
1/2 sdt bubuk pala
400ml susu cair
250 gr keju cheddar parut
2 lbr ayam asap, iris korek api
4 putih telur, kocok sampai kaku

Cara:
-panasin margarin, tumis bawang bombay sampai wangi, trus tambahin
trigu, aduk2 trus tambahin susu sedikit demi sedikit, aduk sampai
kental trus angkat dari api.
– adonan agak dingin trus masukin kuning telur satu persatu dambil
diaduk rata.
-Kasih garam, merica, bubuk pala, keju dan ayam asap tadi.
-Campur adonan dengan kocokan putih telur, aduk rata.
-Tuang di mangkuk pyrex atau yang tahan panas, panggang deh :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s